jump to navigation

Rica-rica Mentok Batu Malang 3 Februari 2012

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
trackback

Tiga hari ini saya dan bersama sebagian besar rekan kerja saya, melaksanakan Rapat Kerja Tahun 2012, yang bertempat di Hotel Royal Orchids Batu Malang. Saat sudah sampai di kota batu banyak sekali warung-warung yang menyajikan berbagai macam makanan.

Dasar pas belum makan, yang setiap warung makan dilihatin terus, tetapi ada sajian yang membikin penasaran. Ya di Batu ada warung yang menyajikan Rica-rica Mentok. Yang saya lihat ada 2 warung yang dekat dengan hotel orchid.

Kebetulan pada saat makan malam, rekan kerja saya juga melihat warung tersebut. Dan ternyata beliau juga suka dengan rica-rica mentok, ya sudah saya ajak saja sekalian. Bertiga kamipun berangkat jalan kaki dari hotel orchids garden menuju warung tersebut, sayangnya warung yang kami tuju ternyata kehabisan rica-rica mentoknya.

wah sudah kepingin ternyata habiss… iseng-iseng saya nanya apakah ada yang jual menu yang sama dekat sini. Penjual tersebut menunjukkan sekitar 500 m kearah barat ada yang jual mentok juga. Karena memang sudah niat sangat, kami pun bergegas ke warung tersebut. setelah jalan kira-kira 5-10 menit ketemu warungnya. letaknya kalau jalan dari perempatan walikota terus kebarat dan nanti ketemu pertigaan warungnya terletak di sebelah utara. bukanya sore sampai malam.

sayang saya lupa untuk memotret namanya, melihatnya saja saya lupa… he..he.. karena sudah tergiur dengan menunya. Menu di warung tersebut cuma ada dua Krengsengan mentok/bebek dan gorengan mentok/bebek. Jadi khusus makanan bebek dan mentok.

Krengsengan itu masakan sama dengan rica-rica, kalau krengsengan lebih sering disebut di jawa timur, sedangkan rica-rica digunakan di jawa tengah. Kamipun memesan krengsengan 3 porsi dan lalapan 1 porsi.

setelah menunggu 10 menit, masakannyapun jadi, cara masaknya perporsi, bukan masakan yang sudah jadi, so… makanan jadi fresh dan bumbunya masih panas.

bisa dilihat hmm bau bumbunya membuat perut keroncongan, mari kita coba. Gigitan pertama wah mantap sekali rica rica ini. Bumbu rempahnya, sangat terasa… pedas yang berasal dari mericanya langsung menyebar kehangatan di mulut.

Tanpa daging bumbunya sudah sangat terasa. Rasa Khas rempah-rempah di Indonesia membuat makanan ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan badan, nah di Batu Malang kan dingin. Sangat pas kalau saudara semua untuk mencoba makanan ini.

Sayang saat saya mencoba dagingnya masih agak alot, memang pada dasarnya daging mentok dan bebek agak lebih alot dari daging ayam. Membutuhkan dimasak agak lama agar daging bisa lembut dan enak untuk dimakan. Rica-rica mentok ini disajikan nasi dan lalapan, juga bisa memilih lontong kalau ingin variasinya.

Secara keseluruhan Rica-rica mentok ini saya rekomendasikan untuk dicoba.

 

Nikmat bukan?…selamat menikmati… tunggu liputan saya sselanjutnya di batu malang….

About these ads

Komentar»

1. touringrider - 4 Februari 2012

sing dodol arek’e lanang yo?? ini arah yg dr songgoriti khan warungnya? sblm Ojek’an ini warungnya

Nanang Himawan - 7 Februari 2012

adalah benar…

2. andhi_125 - 6 Februari 2012

walah…saia emoh deh kalo berurusan binatang itu..inget kalo hosh..hosh..hosh nyari makan di belakang rumah bude :mrgreen:

3. abiarema asli - 20 Oktober 2012

Oalah mentok…….mentok.betapa malang nasibmu di kota batu.tpi rpane enak I

4. Anonymous - 13 November 2012

satu porsi brp gan?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: