jump to navigation

Lontong Kikil Dautah Magetan 17 November 2016

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
add a comment

Sudah beberapa kali NH menyambangi Magetan, baik dalam tugas negara maupun sekedar melewati saat touring. 

Ada banyak makanan yang sedap nan  nikmat di Magetan, salah satunya makanan Kikil yang berlokasi di Dautah Magetan, lokasi warung ini di pedesaan, saat diajakpun saya bingung arah sebelah mana 😂😂😂, kalau diminta kesana lagi mungkin harus banyak tanya…

Saat sampai di lokasi bentuknya bukan warung, tapi rumah biasa yang digelar tikar dan dikasih meja  homy banget deh. Ada beberapa menu kikil, kambing dan sapi, sayang waktu mau pesen yang kambing ternyata pas tidak bikin.

Jadi kami memesan lontong kikil sapi, tidak berapa lama datanglah makanan yang kita pesan. Tampilannya kelihatan enak tidak terlalu banyak minyak.

Dan setelah kita coba? mmmhhhh Sitimewa….. kikilnya empuk dipadu kuah ya pas dan lontong yang lumer di mulut membuat perut yang agak kenyang ini kembali lapar…

Tenin sangat perlu untuk di coba, memang makanan pedesaan itu nikmat tiada tara.

Menentukan syarat Klasifikasi dan kualifikasi untuk pengadaan konstruksi menengah dan besar 16 November 2016

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
add a comment

Sebagaimana diketahui bahwa sesuai pasal 100 Perpres 54/2010 tentang pengadaan barang/ jasa pemerintah sebagaimana terakhir telah dirubah dengan perpres 4/ 2015; pasal 100 mengatakan bahwa pengadaan di atas 2,5 milyar diperuntukkan bagi penyedia non kecil.

Penyedia non kecil ada dua menengah (ada dua menengah M1 dan M2 ) dan besar bagaimana  pembagian nilainya ?

Mari kita lihat pengaturan pembagian tersebut sebagaimana pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 31/PRT/M/2015 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 07/PRT/M/2011 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultasi, adapun pembagiannya sebagai berikut :

  1. sampai dengan 2,5 M, untuk kualifikasi usaha kecil;
  2. Paket pekerjaan 2,5 M-50 M disyaratkan SBU subklasifikasi bidang pekerjaan dan kode subklasifikasi bidang pekerjaan yang diperlukan, memiliki subkualifikasi usaha M1 maupun subkualifikasi M2;
  3. Paket pekerjaan di atas 50M disyaratkan SBU subklasifikasi bidang pekerjaan dan kode subklasifikasi bidang pekerjaan yang diperlukan, memiliki subkualifikasi usaha B1 maupun subkualifikasi B2;
  4. Untuk jasa konsultasi Paket s/d 750 jt disyaratkan SBU klasifikasi bidang pekerjaan yang diperlukan, yang memiliki kualifikasi usaha kecil;
  5. Paket jasa konsultasi di atas 750jt subklasifikasi bidang pekerjaan yang diperlukan, yang memiliki subkualifikasi usaha M1, M2 dan B.

Selain itu Permen ini juga mengatur lebih lanjut tentang syarat klasifikasi bidang dan kualifikasi usaha yang membentuk kemitraan/kerja sama operasi (KSO), yaitu :

  1. Persyaratan klasifikasi bidang dan subklasifikasi bidang yang sama, sesuai dengan pekerjaan yang diperlukan, wajib dipenuhi seluruh anggota kemitraan/KSO;
  2. Persyaratan kualifikasi usaha subkualifikasi usaha yang sama, sesuai dengan tingkat /kedalaman kompetensi dan kemampuan usaha untuk nilai paket pekerjaan yang dilelangkan, wajib dipenuhi seluruh anggota kemitraan /KSO;
  3. Persyaratan SBU spesialis, mekanikal/elektrikal, dan/ atau ketrampilan tertentu dapat dipenuhi oleh salah satu anggota kemitraan /KSO.

Kalau melihat dari isi Permen ini, tujuannya mengatur lebih detail agar tidak terjadi multi tafsir dan rebutan paket pekerjaan untuk usaha non kecil.

Demikian semoga bermanfaat, salam.

Cara / tips membuat e paspor 15 November 2016

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
1 comment so far

Halo gaes, sudah lama ini tidak posting, kali ini NH akan membagikan pengalaman membuat e paspor.

Apa itu e paspor?; e paspor adalah paspor elektronik yang didalamnya terdapat chip yang memuat semua identitas kita, termasuk tujuan visa dll.

Bedanya apa dengan paspor biasa? secara fisik yang membedakan adalah adanya chip di sampul depan; Ada beberapa keuntungan yang diperoleh jika mempunyai e paspor. Salah satunya bebas visa di beberapa negara seperti : jepang, taiwan, korea selatan dll.

Nah karena NH ingin bepergian di salah satu negara yang bebas visa dengan e paspor, maka NH mencoba membuatnya di Surabaya.

Untuk diketahui beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Saat tulisan ini dibuat pembuatan e paspor hanya dilayani di kantor imigrasi Jakarta, Surabaya, dan Batam.
  2. E paspor hanya bisa diajukan dengan datang sendiri, atau istilah londonya walk in.
  3. Petugas hanya melayani yang membawa dokumen lengkap, dokumen anda kurang satu? tidak boleh masuk!. Maka pastikan dokumen anda lengkap.
  4. anda harus datang sendiri, tidak boleh diwakilkan, karena akan langsung foto dan wawancara, kalau mau bikin buat anaknya, anaknya harus datang juga.
  5. biaya e paspor lebih mahal dari paspor biasa, paspor biasa biaya Rp. 355.000,- sedangkan e paspor Rp. 655.000,- (kalau dihitung hitung sama saja kalau paspor biasa nyari visa juga kena biaya);
  6. Untuk mengambil paspor sebaiknya diambil sendiri, karena jika diwakilkan harus yang ada di kartu keluarga.
  7. Saat tulisan ini dibuat e paspor jadinya agak lama karena ada trouble jaringan yang biasanya jadi 3 hari, bisa molor 3-4 minggu ( jadi harus diperhitungkan juga kepergiannya). Sebelum ambil anda dapat menghubungi no telp kontak center 081330442586, saat NH menanyakan e paspor sangat responsif dan komunikatif
  8. pakai baju, celana panjang dan bersepatu, dilarang pakai rok mini.

Nah … setelah memperhatikan pertimbangan pertimbangan di atas, kira kira syaratnya apa saja to?

  1. KTP;
  2. C1 / kartu keluarga;
  3. Akta Kelahiran
  4. Ijazah;
  5. Surat rekomendasi kantor/surat domisili/surat keterangan usaha
  6. Materai 1;
  7. formulir surat pernyataan yang didapatkan setelah semua berkas asli diperiksa, surat pernyataan ini diisi dan ditempel materai kemudian ditandatangani;
  8. Semua syarat diatas (kecuali formulir difotopi 1x dalam kertas A4 ingat harus A4 tidak boleh yang lain. Jika kertas lain, maka diwajibkan mengganti jadi A4. Untuk kantor imigrasi surabaya dlam kantor sdh terserdia jasa fotokopi dan materai

surat rekomendasi dari perusahaan itu bagi pegawai yang alamag ktp berada luar kota tetapi ingin mencari e paspor di kota tempat dia bekerja.

NH juga membuat surat rekomendasi dari kantor, karena alamat ktp saya yogyakarta dan ingin membuat paspor di surabaya

Prosesnya bagaimana? 

  • Pertama datang ke kantor imigrasi, lebih baik harus pagi pagi karena antrinya buanyak banget… NH datang jam 08.00 pagi saja dapat no antrian ratusan.
  • setelah masuk, kita akan ditanya kelengkapan berkas, siapkan berkas aslinya, jika kurang kita diminta pulang, jika lengkap kita akan diberikan no antrian dan diberikan formulir dan surat pernyataan.
  • Isi surat pernyataan dilampiri fotkopian A4 syarat dokumen, nunggu dipanggil;
  • setelah dipanggil kita akan ditanya keperluan ke luar negeri dan foto saat itu juga.
  • setelah foto kita diberi slip untuk pembayaran di bank, menurut info petugas imigrasi paling bagus bank BNI, sayapun membayar si bank BNI.
  • setelah membayar di bank kita mendapatkan struk- bukti pembayaran, nah bukti pembayaran itu dipakai untuk mengambil e paspor. 
  • setelah kita tahu e paspor sudah jadi kita bisa mengambilnya sendiri;
  • sebagai pengalaman untuk mengurus e paspor ini dari antri sampai foto diperlukan waktu kira 3-4 jam, jadi bawa bekal ya..

demikian share saya semoga bermanfaat

Cara Bikin Sim C dengan Ujian Tanpa melalui calo dan Tanpa Suap 13 Juli 2016

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
1 comment so far

Kali ini saya akan membagikan tips bagaimana membuat sim c mandiri dengan ujian sendiri. 

Kisah ini bermula saat puasa menjelang lebaran, saat mudik saya suka mengendarai sepeda motor dibanding dengan moda transportasi lainnya. Segala hal harus dipersiapkan termasuk kelengkapan surat – surat, saya bukaklah dompet dan lihat Sim C saya…. e ladhalah ternyata sudah habis sejak bulan Maret bertepatan dengan hari kelahiran. Ya mau tidak mau harus diurus, disusunlah jadwal membuat Sim C, berbarengan juga dengan istri saya yang memperpanjang SIM C nya di Polres Bantul Yogyakarta.

membuat sim c mudah dan murah dengan tarif membuat baru Rp.100.000,- dan perpanjangan Rp.80.000,- dan diharuskan cek kesehatan dengan biaya Rp. 26.000,-, adapun urutannya sebagai berikut:

  1. Yang harus disiapkan terlebih dahulu yaitu : fotokopi dan sim lama ( bagi yang perpanjangan), dan fotokopi ktp;
  2. menebus formulir Pengajuan Sim di loket bank BRI dengan biaya seperti yang saya sampaikan di atas, kemudian di isi, ingat nama dan alamat sebaiknya sesuai KTP;
  3. Setelah diisi melakukan tes kesehatan kalau di polres bantul terletak disebelah utara polres, yang diperiksa adalah : tekanan darah, dan tes buta warna, jika sudah selesai akan mendapatkan surat keterangan;
  4. Formulir dilengkapi fotokopi ktp, surat keterangan periksa kesehatan bagi yang perpanjangan ditambah fotokopi sim dan sim lama, dimasukkan ke loket 1. 
  5. Menunggu sampai dipanggil, setelah dipanggil akan diberikan no urut, ingat simpan terus no urut itu karena akan dipakai untuk tanda kelulusan ujian.
  6. Setelah mendapat no urut selanjutnya adalah antri foto diruang foto, saat di dalam foto ini petugas akan menanyakan identitas dan alamat jika ada kekeliruan nama dan alamat harus dibetulkan pada saat foto, apabila salah nama dan alamat tidak bisa diperbaiki setelah foto.
  7. Langkah selanjutnya adalah menunggu sim jadi ( bagi yang perpanjangan) untuk yang membuat sim baru langkah selanjutnya adalah ujian teori, bawa no urutnya kemudian serahkan ke bagian ujian teori, tunggu sampai dipanggil. Ujian teori sekarang sudah memakai komputer dengan memakai headshet, soal dan jawaban terpampang dilayar touchscreen tinggal nunul benar atau salah dan hasilnya langsung kelihatan. Soal berjumlah 30 dan harus mempunyai skor minimal 70 dari total 100, ingat soalnya banyak yang menjebak jadi perhatikan dan dengarkan dengan seksama agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  8. Setelah selesai menjawab soal, akan langsung kelihatan skornya, jika lebih 70, maka lulus, jika kurang dari 70, maka akan diberitahu petugasnya kesalahan mana saja dalam mengerjakan soal dan kembali esok harinya untuk ujian lagi. Bagi yang lulus no urutnya akan diberikan tanda kemudian melanjutkan ujian praktek.
  9. Dengan membawa no urut, sepeda motor dan helm yang SNI saatnya untuk ujian praktek yang bertempat di depan polres bantul. Ujian praktek ada 6 macam yaitu: Mengendarai motor secara lurus, zig zag ( S ), jalur angka 8, jalur huruf U, kelengkapan sepeda motor, dan pengenalan rambu lalu lintas;
  10. Posisi mengendarai dan caranya akan diberikan contoh terlebih dahulu oleh petugas, posisi kaki kiri di atas pullstep dan kaki kanan di tanah setelah itu menengok ke belakang untuk konfirmasi keadaan, setelah berhenti wajib juga menengok ke belakang untuk konfirmasi keadaan ( lebih lengkapnya ada si video). Ujian Mengendarai motor ada jalurnya yang dibatasi dengan balok balok kayu dan garis, ujian gagal apabila : menyentuh garis, balok kayu kesenggol jatuh, mesin mati, berhenti di tengah tengah ujian, dan jatuh.
  11. untuk ujian kelengkapan sepeda motor diperiksa secara random saya kemarin dicek lampu rem depan dan belakang nyala atau tidak, Jadi pastikan kendaraan anda laik jalan dan lengkap seperti lampu lampu harus nyala dan bebas dari stiker yang menutupi, spion, lampu rem dll ( alhamdulillah kemarin lampu rem saya nyala, terima kasih buat istri saya yang telah menservis motor di bengkel);
  12. untuk ujian pengenalan rambu kita diminta untuk berkeliling di jalan kemudian ditanya ketemu rambu apa saja dan gunanya apa, saat saya ujian ditanya rambu dilarang masuk.
  13. Dari ujian-ujian di atas harus lulus satu persatu, jika gagal di salah satu tahapan, maka harus mengulang dari tahapan di mana dia gagal (tidak mengulang dari awal). Ujiannya sepertinya mudah tapi ternyata banyak yang tidak lulus, bersamaan dengan saya ada 7 orang yang ujian dan hanya saya saja yang lolos sampai akhir, paling banyak tidak lolos pada mengendarai lajur angka 8, saya sarankan jangan pakai motor yang berkopling dan besar, pakai motor matic atau bebek yang berdimensi kecil karena lajurnya sempit ( kalau saya pakai x ride,karena enak putaran bawahnya). Ada yang tidak lolos mengendarai pada lajur huruf U, dan ada juga yang tidak lolos pada kelengkapan kendaraan ( karena lampu rem belakangnya tidak menyala).
  14. Setelah selesai kita akan diminta menunggu sampai SIM nya jadi, waktu yang diperlukan kurang lebih 1 jam, saya datang jam 9 pagi dan sim jadi jam 1 siang.

Demikian yang dapat saya sampaikan, bikinlah sim secara mandiri dan jangan memakai calo. Petugas polres bantulpun sesuai dengan aturan tidak mempersulit maupun mempermudah. Jika lulus semua sim pun jadi. Jika gagal silahkan mengulang.

Sumber Kencono vs Mira 26 Juni 2015

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
1 comment so far

Jika anda Bis mania atau sering bepergian jogjakarta -surabaya, tentu tidak asing dengan bis Sumber Kencono yang telah bertransformasi menjadi Sugeng Rahayu, Sumber Selamat dan saingannya Bis Mira.

Calon penumpang dan masyarakat sudah hafal kalau kedua bis tersebut kencang, terus manakah yang kencang?

Tunggu penelitian saya lebih lanjut.

Nokia asha 501 Satu Minggu Beli Ganti Mesin 8 Oktober 2013

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
33 comments

asha 501 Nokia Asha 501 merupakan jajaran ponsel menengah bawah dari platform nokia, dengan bentuknya yang ringkas dan keunggulan baterai yang tahan lama membuat NH tertarik untuk membeli hp ini. Akhirnya NH memutuskan untuk membeli hp ini.

Saat umur 1 minggu Hp ini mengalamai permasalahan di layar yang tidak bisa digeser setelah layar terkunci, alhasil sangat susah untuk dibuka (padahal baru 1 minggu & belum saya charge sama sekali). Karena masih garansi NH pun membawa Hp ini di nokia care WTC Surabaya. Saat sampai disana bertemu dengan customer service dan dikatakan bahwa rusak ada pada layar touchscrennya, sayapun manut saja wong ya tidak tahu. Terus katanya membutuhkan waktu 2 minggu untuk menunggu apalagi hpnya termasuk baru dan belum ada sparepartnya.

Kemudian saya menimpali, “La.. kalau lebih dari 2 minggu kompensasi apa yang saya dapatkan?”, petugasnya menjawab dengan santai… “Ya tidak ada tunggu saja sampai jadi….”. Waduh dalam hati saya bisa berapa lama ini perbaikan hp saya, secara kartu saya sudah dipotong agar bisa menjadi mini Sim, dan pengalaman ganti kaca hp nokia yang baru punya istri saya bisa sampai 1 bulanan. Karena NH tidak solusi lain tetap saya meninggalkan Hpnya di nokiacare.

Sebagai Konsumen kok saya merasa tidak puas ya dengan pelayanan nokia baik secara jangka waktu, ketersediaan part dan petugas yang kurang senyuman. Untuk mengetahui lebih lanjut NH mengirim e mail komplain ke nokia langsung dan e mail ke supervisor dari nokiacare yang ada di surabaya. Alamat e mail saya browsing di internet entah itu alamat beneran atau tidak.

Pengiriman e mail ini pun berhasil, e mail saya dibalas bahkan saya langsung ditelpon dari nokia pusat di Jakarta untuk menanyakan perbaikannya dan akan dimasukkan dalam priority (diutamakan). Selang 2 hari sayapun di telepon dari nokia care bahwa Hp saya ternyata tidak rusak touchscrennya dan harus dikirim ke jakarta untuk perbaikan lebih lanjut (wadhuh… tambah bingung saya… hp baru sudah rusak parah…), sayapun mengiyakan wong ya tidak ada pilihan lain.

selang beberapa hari saya mendapat telepon dari nokia jakarta mengatakan bahwa hp saya terdapat masalah di mesinnya…. dan harus diganti mesin, sembari bertanya “Kalau ganti mesin kan ganti total.. kenapa nggak diganti unit baru saja hp saya?.. petugasnya pun menjawab.. prosedurnya sudah begini pak… dan mengatakan hpnya sudah jadi dan akan dikirim ke surabaya.

setelah 4 hari saya baru mendapat telepon dari nokiacare surabaya bahwa hp sudah jadi… kemudian saya tanya “Mbak kalau ganti mesin kan Hpnya berganti no imei? terus bagaimana garansinya? bungkus kardusnya bagaimana?” dijawab “iya ganti imei.. nanti akan diberi keterangan di kartu garansinya, terus kardusnya tidak dapat pengggantian.” NH pun datang ke nokia care WTC lantai II Surabaya untuk mengambil hp. Sama seperti kejadian kemarin kali ini dilayani oleh Mbak Indri tanpa senyuman, bahkan perbaikan “Swap” pun beliau tidak tahu bahwa itu ganti mesin dan ganti imei… saya tanya jawabannya malah ketus… ya sudahlah akhirnya saya hanya bisa senyum.

Sayapun mencoba hp nya dan sudah bisa digunakan dengan imei yang berbeda, tetapi ada satu perubahan mencolok dari layar hp saya… layar hp jadi buluk mas bro… banyak goresan, padahal dulu pas masuk masih mulus hu…hu…. kemungkinan ini dicoba terus-terusan digeser sehingga jadi banyak goresan…   NH ya cuma bisa pasrah saja. Dan ini menjadi pengalaman yang sangat berharga. Dari uraian di atas saya hanya bisa mengajukan pendapat :

1. Sebaiknya untuk kerusakan yang parah dan belum mencakup 1 bulan Pihak Nokia harus mengganti unit Hp.

2. Waktu perbaikan yang 2 minggu terlalu lama, sebaiknya lebih dipersingkat;

3. Customer service di nokia care harus dilatih senyum…..

4. Jangan malu untuk mengajukan komplain langsung ke nokia pusat atau bahkan bisa mengirim ke suara pembaca.

Lebih dari itu saya tetap menyampaikan terima kasih kepada Pihak Nokia yang telah memperbaiki hp saya dan terus memantau perbaikan dari Hp saya…. semoga kritikan ini lebih dapat bisa memberi perbaikan bagi nokia demi konsumennya…

Klaim Stang Getar Honda Verza 9 Juli 2013

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
35 comments

Brother sekalian… banyak keluhan untuk honda verza adalah stang yang sangat bergetar…nah untuk teman NH ini mempunyai keluhan yang sama dan bahkan kerasa stang yang tidak simetris… Nah … ternyata stang yang tidak simetris ini dapat diklaimkan di AHASS dan mendapat penggantian free… berikut cara dan keterangand dari teman saya…

isi aja keluhan di AHMcare di situs www.astra-honda.com (sebelah kanan bawah, ada box menu Honda Customer Care)… isi aja di situ Bro… Kita akan dapat notifikasi melalui email atau telepon, memberitahukan bahwa PT Astra Pusat akan mengkoordinasikan ke Astra Terdekat… Lha yang punya saya di Astra Motor Yogyakarta (Jalan Magelang)… Lalu, dari Astra yang ditunjuk, kita akan mendapat telepon untuk janjian dengan AHASS yang di Astra, atau AHASS yang ditunjuk… Punya saya dirawatnya di AHASSnya ASTRA langsung, bukan AHASS punyanya dealer… alias, dirawat di MBAHnya AHASS … Jika lancar, semua bisa selesai dalam waktu 3 hari (sejak komplain/klaim sampai dengan selesai digarapnya).

sebenarnya mau diganti dengan Stang Verza yang baru, tetapi ane maunya diganti Tiger Revo, … kita tetep beli setangnya Bro… tetapi untuk perbaikan2 (seperti dudukan stang, ganti sekrup yang bengkok, dll) tetep free…

Monggo Om Nanang Menembus Batas Al Bantuli… dimasukkan saja, tetapi, mohon ditambahkan informasi “Ketentuan Garansi Berlaku”, soalnya harus bawa buku servis, dan yang digaransi cuma yang standar2nya… Kalau setang TiRev itu aku beli sendiri di Astra, tapi mereka mau masang itu …

dari Keterangan di atas sebenarnya masih sedikit ribet karena harus menghubungi astra pusat dulu, setelah ada penunjukan baru ada pergantian, bagi konsumen tentu saja klaim ini harus lebih mudah dan bisa diklaim di bengkel AHASS di manapun. Tapi mari kita lihat sisi baiknya saja, bahwa konsumen dapat dilayani dan klaim dapat di laksanakan….jadi para pengguna verza silahkan klaim jika stang verza anda bermasalah…

Konsumsi BBM Premium Honda Verza 9 Juli 2013

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
10 comments

Setelah memposting perjalanan dengan verza di sini NH akan melihat konsumsi BBM si verza yang digunakan perjalanan dari Jogja – Surabaya dengan jarak 328 km. Cara pengukuran dengan top up, yaitu mengisi BBM di tangki dengan batas tertentu, setelah sampai di tempat tujuan mengisi lagi dengan batas tersebut kemudian dihitung.

Tercatat saya mengisi premium di Jogjakarta sebesar Rp. 65.000,- (mohon maaf tidak ada fotonya karena nggak punya kamera, sedangkan kamera hp tidak mumpuni.). Nah setelah sampai di surabaya mengisi dengan batas yang sama ternyata kurang lebih Rp. 40.000 / 6.15 L

jadi per kmnya adalam 328 km / 5.620 = 53.3, jadi 1 L/53.3 km sangat irit sekali mas bro untuk cc 150, ingat pengujian ini ada margin errornya karena memakai top up yang kadang ukuran tangki dan batasnya kurang presisi…   Verza memang cocok bagi yang suka irit ..

Test Ride Honda Verza 328 km 9 Juli 2013

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
11 comments

Asslamu’laikum brother semua… setelah NH membeli honda verza, NH akan menceritakan bagaimana rasanya setelah di naiki dalam jarak 328 km antara Yogyakarta – Surabaya. sebetulnya perjalanan ini tanpa direncanakan, karena menunggu plat nomer hitam keluar dulu… tetapi karena motor di rumah sudah banyak banget dan parkiran tidak cukup, alhasil mau tidak mau harus naik motor. 

Dari Jogja pukul 21.00 WIB, cek-cek dari ban, rem, jas hujan dll…. kemudian reset odometer (walaupun baru jalan 2 km) hi..hi.. pamit orang tua… tidak lupa cium anak-istri… dengan mengucap Basmallah, maka perjalanan dimulai…sudah jalan 100 m… eh balik lagi ternyata lupa sarung tangah … he..he.. Oh iya sebelumnya tangki bensin sudah saya isi dengan batas lingkaran tangki di dalam dengan uang Rp. 65.000.-

jalan lagi… dikarenakan Si Neng masih baru serta jalan lumayan ramai, maka perjalanan inipun dilakukan dengan santai, mulai dari Jogja-Solo jalanan jam segitu ternyata masih padat… saya hanya menggeber maksimal 90 km/jam.. Skip..Skip jalan dari Solo-Ngawi weekend sebelum ramadhan serta karena liburan jalan-jalan dipenuhi dengan bis dan truk-truk barang.. nah track yang paling disukai adalah saat masuk kota ngawi… jalanan yang lurus dan diterangi dengan lampu yang cukup. serta Traffic LIgt yang sudah menyala kuning semua… NH bisa menggeber sampai 100 km/Jam dan itu masih belum gas penuh.

Sempat berhenti di caruban untuk makan jadah bakar, serta menyeruput kopi dan Intel (indomie telur).. selama mengarungi jalan Ngawi – caruban yang tekstur jalannya yang kurang rata.. dapat dilibas dengan baik oleh Neng Verza walaupun keempukan Shocbreakernya menurut saya masih kurang lembut…perjalanan pun dilanjutkan dengan hutan di daerah madiun… Lampu Si Neng ternyata sangat terang dan mumpuni untuk menerobos hutan… sayapun bisa menggeber di jalanan ini walau malam hari…Sesampainya di jombang Kondisi jalan yang lebar dan lenggang dari Jombang – Mojokerto… sangat menggoda untuk dikebut… tapi kok rasanya saya ingin menikmati perjalanan jadi saya tidak topspeed… bahkan cenderung kecepatan stabil di angka 80 km/jam.

Joknya Neng Verza ternyata keras banget…. bokong sampai panas… bahkan dalam 2 hari ini masih kerasa faalnya… haduh (lagi mencari solusinya)… Stang si Neng Verza juga akan kerasa sedikit getar kalau kita geber dalam kecepatan tinggi. Satu lagi setelah perjalanan tersebut rantainya kok cepat gemerisik… (ini dirasakan sebagian besar pengguna verza) Dari hasil perjalan tersebut dapat disimpulkan :

Kelebihan :

1. Ergonomis jadi enak buat jarak jauh;

2. Irit

3. Shock Stabil untuk jalan berlubang atau bebatuan tapi kurang empuk;

4. Lampu sangat terang, mumpuni buat jalan malam.

Kekurangan

1. Joknya keras banget.

2. Shock kurang empuk;

3. Tarikan masih kurang untuk akselerasi cepat

4. Stang Agak getar untuk kecepatan tinggi

5. Rantai cepat kendor dan gemerisik

Kiranya itu saja.. silahkan mau menambahkan atau mengurangkan…untuk konsumsi BBM di next artikel ya…

Cashback / Diskon / Potongan Harga Membeli Motor 3 Juli 2013

Posted by Nanang Himawan in Tak terkategori.
18 comments

Dalam penjualan berbagai barang di era yang sekarang ini banyak sekali promo yang disebarkan untuk menarik pembeli… ada istilah yang sering kita dengar yaitu cashback secara artian bahasa indonesia adalah pengembalian uang saat kita membayar tunai… menurut NH kok sama artinya dengan diskon atau potongan harga…

Terus sebenarnya apa yang dimaksud cashback saat membeli barang?… sebagai ilustrasi saya akan sampaikan pengalaman NH membeli 2 barang yang ada promo cashbacknya..

1. Membeli HP Nokia Lumia 720

Saya membeli HP Nokia Lumia 720 saat diluncurkan pertama kali… Harga normal (katanya) Rp.3.750.000,- mendapat potongan harga menjadi Rp. 3.499.000,- karena ini bundling dari Mentari ada cashback sebesar Rp. 500.000,- * dengan syarat membeli paket perdana sebesar Rp. 99.000,- Jadi saya harus mengeluarkan (Rp.3.499.000 – 500.000 + 99.000) = Rp. 3.100.000,-  Nah pada faktanya saat nokia Lumia 720 keluar harganya adalah Rp. 3.300.000,- (berarti memang ada potongan diskon yang benar yaitu Rp.200.000,-)… Jadi yang digembar-gemborkan harganya Rp.3.750.000,- tidak terbukti… inilah yang namanya trik harga …

2. NH membeli Honda Verza 150 CW.

Kemarin tanggal 3 Juni 2013 di Yogyakarta NH membeli Honda Verza 150 CW, di dalam brosur harga Rp. 17.550.000,- Nah … biasanya ada cashback saat kita membeli sepeda motor, maka saya bertanya ke salesnya dengan mencari no telp di internet, bisa lewat tokobagus, berniaga, kaskus dll… jika saya bayar tunai berapa cashback yang saya dapat?… ternyata bervariasi mas bro…(sebaiknya kita bertanya ke lebih dari satu dealer jika mau membeli sepeda motor)… ada yang jawab cashbacknya Rp. 300 ribu, 350ribu dan yang paling tinggi adalah Rp.550.000,- itupun ditanyakan dulu ke bosnya…

Setelah mentok Rp. 550.000,- ternyata ada salah satu sales yang meng sms, dan saya bilang saya dapat lebih murah.. eeh dia langsung jawab bisa memberi cashback Rp.600.000,- dengan catatan harus dibeli minggu itu juga, ini juga trik marketing saya sih nggak percaya..

akhirnya setelah uang kredit saya cair, berbekal info tersebut saya berburu di dealer di yogyakarta… pertama saya di dealer colombo di jl. Mangkubumi dan saya mendapat potongan harga Rp.550.000,- dengan bonus jaket helm dan jas hujan, sayang tidak ada stok warna merah dan saya belum ambil kekurangan uangnya… setelah saya ambil uangnya.. sayapun ke dealer colombo pal di daerah umbulharjo disana ada stok verza warna merah.. sama customer servicenya saya diberi cashback Rp. 500.000,- dan saya menawar Rp. 600.000,- apabila deal saya akan membayar hari itu juga. Ternyata untuk potongan harga Rp. 600.000,- harus ditanyakan managernya dulu bro.. dan disetujui .. deal deh bayar hari itu juga dikirim motornya…

Kesimpulan :

Kalau barang baru (launching) biasanya potongan harga memang asli… tidak ada harga dinaikkan belilah jika benar-benar mantap… Nah jika barang (motor) sudah ada di dealer beberapa bulan biasanya ada kenaikan harga… cari informasi dulu sebanyak-banyaknya dan bandingkan saja harganya… setelah cukup info silahkan langsung membeli ditempat.. ingat jangan tertipu trik marketing … oke… semoga bermanfaat..