jump to navigation

Ayam Lodho Sumber Rejeki Ngantang Malang 7 Februari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
trackback

Ayam Lodho, merupakan makanan khas dari Tulungagung Jawa Timur. Bentuknya seperti opor ayam atau gule dengan potongan yang besar-besar, sudah agak lama saya penasaran dengan makanan ini, cuma sayang saat saya melewati rumah makan yang menyajikan ayam lodho selalu pas di bis umum jadi nggak bisa berhenti deh.

Alhamdullillah saat pulang dari Rapat Kerja di daerah Batu Malang saya nunut dari Bis yang menuju ke arah Magetan, dalam perjalanan tidak menyangka – tidak diduga. Koordinator menghentikan bis di depan Depot Rumah makan yang bernama Sumber Rejeki yang berada di daerah Ngantang Malang. (Ngantang adalah daerah pegunungan yang berada di jalur Malang Kediri lewat pujon setelah Selorejo).

Hampir semua rekan kerja saya yang di bis memesan menu Ayam Lodho, dan tidak ketinggalan pula saya pun memesan ayam lodh0 (^_^ asiik akhirnya kesampaian). Nah profil dari rumah makan ini sangat sederhana, memasaknya masih menggunakan kayu bakar (sayang saya tidak mengambil fotonya). Dan makanan yang disajikan adalah makanan khas daerah.

Setelah menunggu antrian yang lumayan banyak, akhirnya bisa diambilkan ayam lodhonya, saya meminta yang daging dan kepala ayam. Ayam Lodho diwarung ini sangat laris manis, saat saya antri saja ada yang membeli menu ini sebanyak 13 porsi dibungkus, wow..mau lihat penampakannya nih..

Mari kita coba, saya mengambil kuahnya terlebih dahulu dan wow kuahnya segar sekali bumbunya sangat mantap di lidah, untuk daging, wow empuk banget pasti dibutuhkan waktu yang agak lama untuk memasak makanan ini, bumbu nya bisa masuk ke dalam ayamnya, dagingnyapun empuk dengan aroma khas dimasak dengan kayu bakar, makanan ini sangat nikmat pokoknya saya beri predikat “JOSS ….” bahkan tulang kepalanyapun sangat mudah untuk dibuka dan dimakan otaknya.

Wow sensasi makanan daerah yang dimasak dengan tradisional untuk menyempurnakan rasa yang tak ternilai. Silahkan dicoba…

Eh dan tak lupa juga, di jalan dari pujon ke arah kediri merupakan kebun durian, dan banyak yang berjualan duriandi pinggir jalan,

Dan pak koordinator pun menghentikan juga bisnya di lapak durian, kemudian memborong durian 1 lapak untuk dihabiskan 1 bis (berisi kira2 14 orang). Harga cukup murah untuk yang bessar cukup Rp. 10.000,- dan yang kecil hanya Rp5.000,-untuk 1 lapak yang kmai beli yang berisi 25 buah, dengan harga hanya 150 ribu. Mari kita habiskan… haq..haq.. benar-benar nice trip… Terima kasih ya…

 

Tinggalkan Balasan

