jump to navigation

Takut kepada Allah dan Muraqabatullah 7 Februari 2012

Posted by Nanang Himawan in Belajar Islam, Tak terkategori.
trackback

Al Quran :

Hai manusia, bertaqwalah kepada Rabb kalian : sesungguhnya goncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat dahsyat. (Ingatlah) pada hari (ketika) kalian melihat goncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan semua wanita yang hamil, dan kalian lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapii adzab Allah itu sangat keras.” (QS.Al Hajj [22]: 1-2)

Hadits 1

Bukhari Muslim meriwayatkan dari Anans ra, ia berkata: “Rasulullah SAW pernah menyampakan khutbah di hadapan kami, khutbah yang belum pernah kami dengar sebelumnya. Dalam khutbah tersebut beliau bersabda :’Sekiranya kalian mengetahui apa yang kuketahui, nisscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis. ‘Para sahabat pun menutupi muka mereka seraya menangis sesenggukan.”

Hadits 2

Bukhari Muslim meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ra, ia berkata: “Telah bersabda kepada kami Rasulullah SAW seorang yang jujur dan sangat layak dipercaya:’Sesungguhnya proses penciptaan setiap orang dari kalian berada di perut ibunya selama 40 hari berupa nutfah (air mani). Selanjutnya, berupa ‘alaqah (segumpal darah) dalam masa yang sama, kemudian berubah menjadi mudhghah (Segumpal daging) dalam masa yang sama , kemudian Allah mengutus seorang malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya disamping diperintahkan untuk menuliskan 4 perkara, yakni : rizkinya, ajalnya, perilaku-nya, dan bahagia-celakanya. Demi Dzat yang tiada ilaah selain-Nya, sungguh adakalanya seseorang dari kalian benar-benar mengerjakan amalan ahli ssurga sehingga jarak antara dia dan ssurga hanya tiggal 1 dzira’, namun qadha’ yang ditetapkan baginya telah tertulis lebih dulu sehingga dia pun mengerjakan amalan ahli neraka hingga akhirnya mauk neraka. Sungguh adakalanya seseorang dari kalian benar-benar mengerjakan amala ahli neraka sehingga jarak antara dia dan neraka hanya tinggal 1 dzira’, namun qadha’ yang ditetapkan bagnya tertulis lebih dulu sehingga dia pun mengerjakan amalan ahli surga hingga akhirnya masuk surga.”

Hadits 2

Bukhari-Muslim meriwayatkan dari Adi bin Hatim Ra, ia berkata: “Rasulullah SAW bersabda : ‘Setiap orang dari kalian pasti akan diajak bicara oleh Rabbnya secara langssung tanpa perantara. Dia melihat kesebelah kanannya dan disitu tidak ada sesuatupun yang dilihatnya, kecuali amal yang dikerjakannya. Dia lalu melihat kessebelah kirinya dan di situ tidak ada sesuatu yang dilihatnya kecuali amal yang telah dikerjakannya. Dia lalu melihat ke arah depannya dan di situ tidak ada sesuatu pun yang dilihatnya, kecuali neraka. Karenanya, jagalah diri kalian dari siksa neraka meskipun dengan (bershadaqah) separo butir kurma.”

Hadits 3

Bukhari meriwayatkan dari Anas ra, ia berkata :”Sesungguhnya kalian kelak akan mengerjakan amalan yang dalam pandangan kalian lebih keci daripada butiran tepung sementara pada zaman Rasulullah SAW dahulu kami menganggapnya termasuk sesuatu yang mencelakakan.”

Hadits 4

Bukhari-Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dari Nabi SAW beliau bersabda; “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu pencemburu dan cemburunya Allah adalah jika seseorang melanggar apa yang telah Allah haramkan atasnya.”

 

Sumber Ringkasa Riyadhus Shalihin

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: