jump to navigation

Sejarah Sumber Kencono 11 April 2012

Posted by Nanang Himawan in Biker, Tak terkategori.
trackback

Sumber Kencono, Siapa yang yang tidak tahu akan Perusahaan Otobus ini (PO) Bagi yang sering bepergian Jogja-Surabaya tentu saja sangat hafal dengan Bis ini.

Saat ini PO Sumber Kencono Group merupakan salah satu PO yang mempunyai armada yang sangat banyak ratusan Bus yang melayani rute Surabaya-Wonogiri, Surabaya- Jogjakarta dan Surabaya-Semarang via Solo.

Berikut Sejarah Bis Sumber Kencono :

1981 => Po Sumber Kencono Didirikan oleh Setyaki Sasongko yang berpendidikan Lulusan Teknik Mesin dan pernah bersekolah di Jerman, pada saat berdiri hanya berjumlah 6 Bus arti Sumber Kencono sendiri adalah “Sumber Penghasilan”;

2007 => Terpilih sebagai salah satu PO Terbaik dari Direktorat Perhubungan Darat

2009-2010 -2011 => Seiring dengan persaingan dengan PO Eka/Mira Po Sumber Kencono memperbaharui armadanya dengan mesin Hino karoseri Laksana, seri Nucleus 3 dan Legacy dengan menambahkan fasilitas AC dengan tarif sama dengan bis Non AC. Terkenal dengan nama “AC Tarif Biasa (ATB)”, yang non AC sedikit demi sedikit diganti dengan armada kurang lebih 250 Bus;

2011 => Terpilih sebagai Bus Santun 2011 Polda Jatim;

2011 => Terpilih sebagai Bus Terbaik dalam Hal Kelengkapan Administrasi Terminal Purabaya (Bungurasih) surabaya 2010-2011;

2011 => Bus Terbaik Lolos Emisi Gas Buang Polres Ngawi;

2011 => Memasang GPS di armadanya untuk memantau kecepatan.

2011 => Dikarenakan banyak terjadi kecelakaan dan untuk merubah agar lebih baik, sesuai juga dengan filososofi Jawa, maka PO Sumber Kencono mengganti sebagian armadanya dengan nama Sumber Selamat dengan motto “Melayani Setulus Hati” arti Sumber Selamat adalah ” Sumber Keselamatan” dengan tetap mempertahankan motif garis-garis tetapi mengganti warna yang dominan biru ke dominan perak.

dengan adanya 2 nama tersebut PO Sumber Kencono sekarang dipanggil dengan nama Sumber Group. Pergantian nama ini diharapkan selama perjalanan Sumber Group senantiasa diberikan keselamatan.

2012 => Filosofi Nama adalah doa, Kedua kalinya Bapak Setyaki Sasongko merubah nama sebagian armada bus Sumber Group, menjadi “SUGENG RAHAYU” dengan motto “Tetap Setia Melayani” yang bisa diartikan “Selamat Selamat” atau selamat untuk yang kedua kalinya atau dalam istilah jawa lebih tepat lagi dikatakan sebagai terus selamat, sejahtera dan jauh dari musibah atau kekurangan.

Kali ini livery (simbol Bus ) dirubah menjadi gambar lumba-lumba, yang artinya bahwa lumba-lumba itu mempunyai sifat seperti manusia, suka tolong menolong, ramah dan mempunyai rasa setia kawan yang tinggi. Diharapkan dengan menggunakan logo lumba-lumba dapat merubah image dari Sumber Group menjadi lebih baik lagi.

Armada pertama Sugeng Rahayu W 7566 UY dicoba Pada tanggal 22 Februari 2012 jam 2 siang, untuk melakukan road test guna melihat animo masyarakat terhadap perubahan nama yang akan dilakukan oleh Sumber Group.

2012 => Penambahan Bus Sumber Kencono dengan livery star.

Sumber Group juga melayani paket wisata wali songo, ziarah makam, study tour dan lainnya dengan armada regular yang di pakai sementara untuk wisata dangan harga yang terjangkau dengan kelas -AC Ekonomi (ATB) atau Ekonomi Non AC

Bis ini juga mempunyai Sejarah Kelam karena dikenal sebagai Bus maut karena banyak kecakaan merenggut banyak nyawa yang melibatkan Busi ini bahkan namanya pun di plesetkan menjadi Bus Sumber Bencono (Sumber Bencana). Menurut saya pergantian nama di atas digunakan untuk merubah image yang sudah ada di masyarakat.

Tentu saja bukan hanya doa dan perubahan nama yang diharapkan dari konsumen Sumber Group, aksi nyata perubahan manajemen dan pengawasan yang bisa meminimalkan kejadian kecelakaan di Jalan raya yang melibatkan Sumber Group.

* Dari berbagai sumber.

Komentar»

1. hurei - 11 April 2012

Brader, nanti mbok dibahas tentang para pecintanya juga dong brader..

2. yudibatang - 11 April 2012

Mudah-mudahan selalu selamat, bis ini termasuk bis favorit saya ketika sering keMadiun via Solo.😀

3. gesang86 - 11 April 2012

woch BUS MANIA!!!

4. anharvictor - 11 April 2012

Somga perubahan nama menjadi… Awal yang baik…
Dan ctra di jalan semakin baik pula…

Tapi dua PO eka dan suber grup… Armadanya sangat bagus… Gan suspensinya nyaman dan tetep primadona di antara pengguna bus… Yg ada…

5. novAjourney - 11 April 2012

nice share🙂

6. setia1heri - 12 April 2012
7. Sejarah PO. EKA/MIRA | Urusan Pegawai, Kuliner, Biker…. - 12 April 2012

[…] Urusan Pegawai, Kuliner, Biker…. Bergulir seperti roda berputar…. mengikuti kemana angin berhempus…. berpacu dengan Sumber Kencono…… Langsung ke isi BerandaInilah Aku ← Sejarah Sumber Kencono […]

8. ongkykeceret - 16 April 2012

walaupun di ganti namanya kan percuma kalau sopirnya tetep ugal-ugalan mohon sopirnya agar di beri sosialisasi agar tidak terlalu sering menyalip

Anonim - 23 Maret 2013

Memang benar, yang salah itu bukan bus nya (PO SUMBER KENCONO) dan saya sangat keberatan dengan pendapat tersebut, melainkan si driver nya ini. Mereka perlu pensosialian yang lebih,karena apa…mereka mereka ini nanti yang bisa merubah imej dari perusahaanya itu sendiri. Maju-mundurnya,harum tidaknya nama sebuah perusahaan tergantung dari mereka.

9. Maskur - 17 April 2012

Ncen apik pelayanane…dulu langganan Solo,Jogja

10. telo army - 22 April 2012

bis sekarang keren-keren mas…

di jatim bis ac mayoritas udah pake yang legacy sama jetbus…🙂

11. DqienD - 1 Mei 2012

skali2 ceritain dong sejarah Bus Sinar Jaya n’ Bus Kerub… hehehe

12. clara claudia joanita - 28 Mei 2012

koq gk ada yg model jet bus broo..

13. justin - 4 Juni 2012

boleh tuh dada iron man nya bisa di beli ga

14. arfi - 9 Juli 2012

bro saya yang dah ratusan tahun jdi karyawan d sna, jadi terharu liat ada artikel yg suip bin cuamaik kya ginie…

15. cecep - 29 Juli 2012

Sumber kencono slalu didepan

yogie - 29 Agustus 2012

ya2 lah ,, bus no.1 di INDONESIA

Anonim - 18 Mei 2014

Tarif merakyat

16. Anonim - 3 Agustus 2012

maju terus sumber kencono,,,,, by yoyok kristanto. mantan kernet

17. love donts care - 7 September 2012

smber kncno.mantap-sumber slamat.oke pnya-sugeng rahayu..siep.-ke 3 pnya hbat smua..pnumpang planggan yank stia ?mantp

18. Monster-R_12 - 23 September 2012

Raja jalan Surabaya-Madiun-Solo-Jogja/Wonogiri/Semarang….
semoga menjadi terbaik…….

19. marcel - 28 September 2012

aku pencinta bis sumber grup,,ada tempat buat saya ndak jdi kernet

20. Anonim - 4 Oktober 2012

Saya suka dgn bis sumber kencono , karena larinya cepat , terutama trayek surabaya-madiun-solo-semarang

21. Kalow gmbr bntng artnya apa? And fto para supir upload jga donk - 10 Oktober 2012

sumber

22. satria - 13 Oktober 2012

sumber kencono mak nyuuuuuuuuz mantap

23. ose - 13 Oktober 2012

sumber selamat mak joooooooooooooooooz

24. wahyu - 20 Oktober 2012

sumber group selalu d hati……………..tmbah jaya trs sumber group
mntan kernet

25. fadholli - 20 Oktober 2012

Pokoknya g da singannya deh SK, q ja dr kecil umur 2bulan hgga sekarang sekeluarga g pernah ganti bus slain SK. Hebat SK,…….
Salam : Costumer SK sejati

Thopenk - 31 Januari 2013

Masa mas bro. akas gren larinya jg edan lho. aq sring lht SK kalah balapan kok

26. Anonim - 28 Oktober 2012

Cayooo Sumber Group….

27. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. - 6 November 2012

PENGEN NANTANG SOPIR BUS SUMBER BENCONO PAKEK INNOVA 2.7V ATO CHEVY CRUZE.. MADIUN JOGJA TAK LIBAS 2 JAM…!!!!

suka cepet - 29 November 2012

nantang jgn cepet nya…tp nekatnya.klo sumber pake RK8 mentok cma 120 km/jam.klo u pake inova bsa 150km/jam. km biasa madiun jogya 2jam.aq biasa jakarta madiun 9jam pake panther touring

Nanang Himawan - 3 Desember 2012

wow… naik kendaraan jangan kencang-kencang…. bahaya buat kendaraan lain… safety dunk..

Rudy - 6 Desember 2012

ayo bos ,mbe aku
innova vs canter super speed

rudi - 3 Januari 2013

madiun jogja 2 jam ki berarti gak ada kendaraan laen yg lewat ya?
Yg post tadi ngomong po kemu?!

galang - 7 Mei 2013

oke boss ,, gonan ku canter 125 super speed ki
tak dukung

kayana - 27 Januari 2013

Sak durungr nglawan SK, jajal ngalahke yamaha’q sik wehh… Nak wani ayo Purwokerto – Semarang. Nak aq kalah motorku gawanen, nak ke sing kalah. Inovamu selehno ngarep garasi SK. Ben di Penyak.

maulana romadhon - 16 Agustus 2015

sama sama mobil besar om

maulana romadhon - 16 Agustus 2015

jangan inova

28. arie kencono - 12 November 2012

motto: setia Sepanjang massa

29. bejo - 23 November 2012

sumber selamatt,,gada duanya pkoknya gan,,salam kenal!!

30. Anonim - 2 Desember 2012

semoga sejahtera…amien..
ragilpurwantoro2@yahoo.co.id

31. Anonim - 13 Februari 2013

semoga semakin di depan ya utk sumber kencono

galang ,tulungagung - 13 Februari 2013

top dah buat SK tambah armada lagii ya biar tambah banyak ,,
jempol buat sumber kencono

32. yudi - 17 Februari 2013

klo bs sumber group buat patas/CEPAT kyak dlu lgi jgn hnya eka ja yg da CEPAT nya..

33. Anonim - 22 Maret 2013

pngen donx nyetir sumber salamat

34. Anonim - 22 Maret 2013

pngen donx nyetir sumber salamat,boleh gak?

35. Eddy TESSY - 23 Maret 2013

PO SUMBER KENCONO semoga teta EXSIST , amin.

36. dito - 3 April 2013

dulu saya penumpang sumber dari bungurasih ke ngawi

37. yusuf bonek - 3 April 2013

PO SUMBER TETAP DI HATI KITA SEMUA :::AMIN
DAN INGIN TANTANG PO MIRA VS SUMBER

38. GERAL SAUDARA YUSUF - 3 April 2013

SAYA LIHAT LOWONGAN KERJA DI TERMINAL MADIUN [PG REJO AGUNG] CARI SUPIR,KERNET,DAN KONDEKTUR

39. Anonim - 12 April 2013

emang keren armada yg baru tuk tampil dijalanan

40. dimas pace - 18 April 2013

Sumber kencono ,,mak nyusssssssssssss,,,,,,

41. dimas pace - 18 April 2013

AKU SALAH SATU PENUMPANG SUMBER SLAMET,,,Sragen – jOGJA…
sragen jogja 2 jam ,,,?dahsyatttttttt,,,,,

42. Anonim - 26 April 2013

Yg pnting madiin sby 2 jam lah

43. galang - 7 Mei 2013

sumber kencono gasss,, tiada batass,,,

44. Ahmad Ali M - 2 Juni 2013

mau tanya, apa yang bisa dibanggakan dari sikap ugal-ugalan di jalan umum jika hanya merugikan diri sendiri dan orang lain??
kenapa SK/SR ga beli sirkuit aja biar ga nyelakai orang lain??
terus buat sopir yang bisa ngeblong berkali-kali dapat piala apa sebagai penghargaan prestasinya?
kira-kira penumpang fanatiknya bagaimana rasanya jika saja gantian penumpangnya yg terlibat kecelakaan parah dengan bus SK/SR??

45. Anonim - 5 Juni 2013

is the bes my vavorit bus

46. kiansantang1001 - 4 Juli 2013

gak berani pake in bis lagi…gak bisa tidur deg degan terus apaalagi kalo duduk di barisan pertama

Nanang Himawan - 8 Juli 2013

kalau naik jangan di depan bro… di tengah ya.. sisi sebelah kiri …

47. Litsa Amelia - 12 Juli 2013

Hidup mati manusia,yg menentukan adalah ALLAH SWT.
Janganlah disangkut pautkan dengan bus/ nama busnya,,
Bus hanyalah sarana,tuk mengantarkan kita ketujuan yg kita tuju,bkn tuk kita ingin mendapatkan musibah,,
Mgkn saran saya,agar sopir n kondektur lebih mengutamakan keselamatan bersama,tdk ugal”an dalam mengemudi. Itu aj,,
Klupun ada yg bilang buruk tentang nama sumber kencono,itu hanya merasa ngiri/ maksud tertentu dari saingan aj,,
Saya sih tetap pilih sumber kencono,sampai kapanpun,,

48. fahmirenaldi - 18 Juli 2013

Bis ini bis yg saya paling minatti…
Saya bekerja di perusaha’an tour and travel DUTAprima jdy sumber sering juga lihat mobil saya di jlan.
Apakah saya bisa menjadi kernet biss itu.

Nanang Himawan - 23 Juli 2013

bisa dibuka lowongan kernet dan sopir … silahkan daftar saja…. di garasinya

Ariell Reifan - 1 Agustus 2013

saya ari anak mojokerto mw tanya apa masi ada lowongan krj di sumber soale aq plangan stiap bus ni n tertatrik untk krj di sna mw tanya persyaratanya apa aja

Nanang Himawan - 2 Agustus 2013

masih ada kayaknya silahkan langsung tanya ke garasinya saja..

49. Oc - 5 Agustus 2013

Oc

50. Sri Santosa Clalu Ceria - 12 Desember 2013

Yang memberi penilaian salah kale, masa bus yangs ering kecelakaan, dapat beberapa penghargaan?

51. Anonim - 26 Desember 2013

masih ada lowongan krja ngk boss d sumber

52. warior - 11 Januari 2014

bos esugih krune podo mlarat

53. warior - 11 Januari 2014

bus pencabut nyawa cabut sj trayeknya

54. Slamet widodo - 31 Januari 2014

. . .Naik bus sumber selamet asik,cepat dan murah. Sopirnya hebat aku suka banget dengan layananya. Terus berkaraya. .dan jaga keselamatan para sopirnya.

55. Slamet widodo - 31 Januari 2014

. .Naik bus sumber selamet asik,cepat dan murah. Sopirnya hebat aku suka banget dengan layananya. Terus berkaraya dan di utamaka keselamatan bagi para penumpang dan sopir&kernet. Terima kasih

56. Anonim - 2 Maret 2014

vavorit ku bus paling hebat sk/sr..
smoga tmbah sukses..

57. Anonim - 12 Maret 2014

waw aku suka gambarnya bus sugeng tapi aku takut jika naik bis ini karena sopirnya selalu naik dengan ugal ugalan???hahahahahaha

58. ngomong taek kbeh - 28 Maret 2014

ngmong taek kbeh

59. argat menyeng - 9 April 2014

Fasilitasnya ditmbah karaoke dooonk untk bus ATB’y..

60. alfin - 10 April 2014

sugeng rahayu sumber selamat memang mak nyus . . . melaju seperti lumba lumba. sat set

61. Cipluk - 30 April 2014

disinyalir yg sering mengakibatkan kecelakaan adlh dirvernya yg kurang diberi waktu istirahat.dr sby sampai jogja cm diberi istiraht 1-2 jam aja terus harus balik lg ke sby. jd drivernya berusaha ngebut agar sampai lbh cepat dan waktu istirahatnya bs lebih panjang dikit.mohon manajemennya diatur jam kerja drivernya.

62. Adi prasetio Budi - 13 Mei 2014

Sumber group tetap jaya dan menjadikan bis idola masyarakat, saran sy untuk dibuka jalur baru surabaya kediri tulungagung trenggalek

63. Koh beng-beng,jkt - 23 Mei 2014

Pak Setyaki Sasongko, mohon dipertimbangkan utk buka rute baru jurusan ke jakarta dari sby lwt pantura,pati-kudus-smg-pkl-jkt atau jurusan malang lwt solo-yogya- ungaran,lwt pantura-pkl-jkt atau jurusan malang- solo-yk-lwt jalur selatan (tasikmalaya,cipularang)-jkt, utk kelas patas ac atau bisnis ac. thanks. Agar ada pilihan baru bagi pengguna jasa bis malam, naik bis banter yang sudah terbukti tangguh .. (SUMBER GROUP),utk perjalanan mengejar wkt smpi jkt saat masih benar2 subuh. thanks.

64. alvani - 7 Agustus 2014

bus sk sgt cpt 2jam

65. Muallief terkenal - 9 Oktober 2014

SUMBER GRUOP (SK,SRdll)….jaya..i like yuo….

66. Anonim - 4 Februari 2015

sk emng sip pol rek gawe uwong jantugen tpi q sneng melu sk krna selalu tepat jm tujuan dan selalu terdepan.sukses sk anda telah buat orang jantugan sip pkok’e.maju trus sk.

67. Robby Pangestu Ashter - 6 Juli 2015

buat kalian semua….sya pilot W.7400.UY kalau mau balap monggo dites sby madiun sya bisa 2 jam kurang 7menit.

68. maulana romadhon - 16 Agustus 2015

buat sumber kencono dan jajaran moga jaya maju terus primadona mayarakat jawa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: