jump to navigation

Kepiting Cak Gundul Surabaya 12 Juli 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
9 comments

Setelah membuat artikel tentang kepiting cak gundul di yogyakarta kali ini saya akan mencoba makanan Kepiting Cak Gundul yang berlokasi di Surabaya. Berawal dari menemani teman yang sedang ada tugas di Surabaya dan minta untuk makan di Rumah makan ini, maka meluncurlah kami ke arah Surabaya barat tepat di Jl. Raya Kupang Indah No. 45-C  Surabaya, Jawa Timur.

Di depan Cak Gundul ini kami langsung disuguhi cara memasak kepiting… ya tempat masak ditaruh di depan untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Dengan suguhan para koki yang terampil memasak akan membuat aroma dan pemandangan menarik tersendiri bagi pengunjung…

Sedikit terkesima dengan aroma dan ketrampilan memasak, sampai ada pekerja yang menanyakan kami mau pesan makanan apa. sedikit terhenyak kami pun sekejap mengalihkan pandangan kepada karyawan tersebut. Beliau meminta untuk memilih sendiri kepiting yang mau dimasak seraya menawarkan makanan lain selain kepiting…

Kami diminta memilih 3 ukuran kepiting, adan bisa memilih sesuka hati ada yang jumbo, besar dan sedang tergantung selera masing-masing.

Akhirnya kami memilih menu kepiting besar asam manis ditambah cumi dan cah kangkung.  Saat datang pertama dulu 2-3 tahun yang lalu Rumah makan ini berbentuk ruko jadi keihatan sempit. Tetapi ternyata utuk yang lantai dua telah diadakan renovasi sehingga lebih luas daripada lantai 1, bagi yang datang dengan rombongan saya sarankan untuk duduk di lantai dua yang lebih longgar.

Setelah menunggu beberapa saat akhirnya datang juga pesanan kita melihat dari tampilannya menggoda untuk di makan. Dan rasanya pun menang JOSS. Seperti di kepiting cak gundul lainnya yang selalu menjaga kualitas rasanya, mantap sekali makan di kepiting cak gundul… dan sesuai dengan rasanya. Jangan sungkan untuk mengeluarkan uang yang agak banyak di warung ini hi..hi… 🙂

 

Iklan

Mie Ayam Bundaran RSJ Menur Surabaya 29 Februari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
3 comments

Mie Ayam ini saya temukan secara tidak sengaja… malam itu saat saya bersepeda dengan si Mbah kerasa perut ini lapar dan menginginkan tempe penyet. Saat di jalan melewati bundaran di RSJ Menur di kiri jalan saya melihat ada warung mie ayam yang lumayan ramai.

Rasa penasaran saya membuat saya berhenti dan memesan 1 porsi Mie ayam ini… sayang tempatnya kecil, tapi pembeli ternyata datang silih berganti..

Tulisan di depannya sih tulisan mie ayam pangsit, tetapi setelah dilihat mie ayam yang disajikan bukan mie ayam pangsit, adalah mie ayam solo yang jarang ditemui di kota Surabaya. Setelah menunggu dimasak akhirnya datang juga mie ayam yang ditunggu…

wuah… mantap mie ayamnya .. sampai penuh mangkoknya… dan ayamnya pun diberikan lumayan banyak…. bagi ada pecinta mie ayam silahkan datang ke sini.. harganya murah juga cukup Rp. 5000,- anda akan kenyang…

Mancing Mania Bandeng Bakar Sedati Sidoarjo ( Prides Cangkruk Sob) 27 Februari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
5 comments

Sore itu hari jumat, jam menunjukkan hampir jam 16.30 WIB. Di waktu yang sama biasanya saya sudah meluncur ke Jogjakarta melaju bersama bis tercinta, tapi saya tunda dulu maklum lagi tanggal tua…, Rekan-rekan kerja sudah meninggalkan tempatnya, meninggalkan diriku disalah satu sudut ruang kerja yang luas penuh sesak dengan meja, almari, kursi serta tumpukan berkas khas ruangan kerja sebagai abdi negara.

Ding pemberitahuan di fbku menyalak dengan lembutnya, membuyarkan konsetrasiku. Sebuah pesan dari Koordinator PCS yang mengajakku untuk mancing bareng, sejenak aku berpikir untuk nggak ikut karena saya belum pernah mancing dan katanya hobi mancing di pemancingan merupakan kesenangan yang membutuhkan biaya tinggi… tapi kang yudi merajuk “cukup bondo awak wae gpp….” Demi Kesetiakawanan saya pun mengiyakan (padahal seneng karena makan gratis hi…hi…).

Sabtu jam 07.00 WIB saya sudah dijemput kang yudhi, suara khas pulsarnya mengingatkan memoriku dulu akan motorku yang sudah berganti tangan… ah sudahlah .. besok kredit saja hi..hi… kami pun meluncur ke arah Sedati Sidoarjo, suatu kawasan tambak dibagian timur sidoarjo. Di pom bensin aloha Ketua PCS om Hank sudah siap menunggu dengan senjata pancing di tasnya..

Kemudian kami melanjutkan perjalanan sekitar 20 menit sampai di Pemancingan Gemilang sedati Sidoarjo…

Segera kamipun menganbil posisi yang tepat agar mendapatkan ikan yang banyak, dengan menyewa kursi Rp. 5000,- dan pancing Rp. 10.000,-

Strike pertama dan kedua diawali dengan bandeng yang lepas dari kailnya, yang sedikit membuat pada kebingungan, tak seberapa lama kang bayu dan ganesh telah datang menghampiri kami, yang dengan sigap langsung merakit senjatanya…

setelah menunggu beberapa lama kok tidak ada ikan yang menyenggol ya?… ada yang usul untuk menambah essence pada umpannya, sayang tidak ada yang jual di situ. lalu saya pun nyeletuk pakai saja rokok kan di rokok ada saos dan bau rokok sangat menyengat. Teknik itupun digunakan sama mas yudhi dan hasilnya tanpa diduga umpannya langsung dimakan bandeng… wuih…

coba lihat di atas ikan itu ada gabus bekas rokok yang dikaitkan… haq..haq.. ada-ada saja… tapi ada satu teman kita om bayu.. yang sudah malang melintang di dunia perpancingan ternyata sama sekali tidak mendapatkan ikan banden… he..he.. memang rejekinya bukan di air…setelah hampir 6 jam kami mancing 19 bandeng telah kami dapatkan dan saatnya untuk istirahat sambil menikmati bandeng…

untuk memasak kali ini kami serahkan di RM Imam Hambali Ikan Bakar tapi sebelumnya untuk menghilangkan duri yang banyak di ikan bandeng, kami membeli jasa cabut duri yang ada di sekitar pemancingan tersebut dengan harga Rp. 2500,-/ikan

setelah menunggu lumayan lama akhirnya bandeng bakarpun tersaji dilengkapi dengan sambal dan lalapan, kamipun melahapnya dengan kesetanan wkwk karena kecapaian mancing… dan memang cara masak di RM ini mempunyai rasa yang JOSS, recomended untuk dicoba….

Bagi anda yang suka mancing dan makan maka saya rekomendasikan tempat ini untuk di coba… puas pokoknya….

Sate Kambing Mbak Bela Jl. Imogiri Timur Jogjakarta 9 Februari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
add a comment

Bagi penyuka sate, gule, tengkleng dan berbagai makanan dari kambing, jalan Imogiri Timur di Jogjakarta merupakan surganya makanan tersebut, terdapat puluhan penjual sate kambing disepanjang 15 km Jl Imogiri Timur dari Terminal Giwangan ke arah selatan sampai di Imogiri.

Dari penjual tersebut banyak yang direkomendasikan, tapi saat ini saya mencoba Sate Kambing Mbak Bela yang berlokasi di Jl. Imogiri Timur KM.11, Blawong, Bantul, Yogyakarta, di sebelah barat jalan. Warung ini buka dari pagi sampai sore.

Saat saya datang ada beberapa pembeli, saya datang kira-kira jam 9 pagi. Sayapun kemudian memesan sate 1 porsi. Untuk melihat proses masak sayapun melihat ke dapurnya.

Setelah menunggu sekitar 10 menit, maklum kan dagingnya disate dulu, datanglah makanan yang ditunggu-tunggu, dalam penyajian kali ini ada 1 porsi sate dengan 5 tusuk, 1 ceting nasi, dan 1 gelas teh (yang membuat enak lagi gula yang dipakai di teh adalah gula batu yang memang sangat lezat dipadukan dengan teh dekok).

Mari kita coba… wah dagingnya empuk sekali… bumbu sate ini adalah bumbu kecap, rasa pedasnya terasa sekali ada 5 irisan daging diselingi lemak di tengahnya. Jadi aromanya sangat terasa, secara saya pribadi tidak terlalu suka sate yang ada lemak di tengahnya. Setelah makan sate inipun saya berkeringat dan kembali bersemangat.. he..he.., eh makan disini juga ada bonusnya yaitu makan krupuk sepuasnya satu paket dengan sate. Dan untuk 1 porsi makanan ini cukup ditebus dengan mahar Rp.12.000,- saja… Selamat menikmati

Mie Ayam dan Bakso Mas Kribo Jogjakarta 8 Februari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
10 comments

Mie Ayam dan Bakso Mas Kribo merupakan salah sat favorit saya dari banyaknya penjual mie ayam yang ada di Jogjakart. Ada beberapa tempat (cabang) dari mie ayam dan bakso ini, dengn pusatnya berada di Jl. Bantul km.1 Yogyakarta. Berdasarkan pernyataan pemilik daging yang dipakai untuk membuat Bakso maupun daging lainnya dengan menyembelih di RPH Jogjakarta dan tanpa ada campuran bahan terlarang.

Untuk kali ini saya mencoba mie ayam dan baksonya di Jl. DI Pandjaitan, bersama istri saya kamipun meluncur ke warung tersebut dan memesan mie ayam. Eh ternyata ada menu baru di warung ini. Ya ada menu bakso super…. sebesar apa ya?.. nanti kita coba.

untuk yang pertama saya pesan mie ayam, saat kami datang lumayan banyak pembeli yang hadir disini ya sudah antri sebentar ya… setelah menunggu kira-kira 5 menit akhirnya mie ayamnya datang juga….

Wah ternyata ada sedikit perubahan sejak saya datang dulu, ada penambahan daun bawang di mie ayamnya, bagi penyuka daun bawang tentu saja menambah kenikmatan dan kesegaran rasanya. Salah satu yang menjadi favorit disini adalah kecapnya yang dibuat sendiri, sayang kecap yang sayang cari itu habis, dan diisi dengan kecap biasa.. ah jadi sedikit kecewa (soalnya harus mengagendakan makan lagi disini) he..he..

Tak lupa juga sayapun mencoba menu baru yang ada di warung ini BAKSO SUPER…

wah melihat tampilanya baksonya memang besar….dengan diiringi 5 bakso kecil-kecil dan tahu serta kuah yang segar, sungguh nikmat bakso super ini. Biasanya bakso besar ada isinya, tetapi khusus yang ini ternyata tidak ada isinya. Jadi full bakso, tentu saja membuat perut ini merasa kenyang. Saat melihat menu yang tertempel di atas…. wah ternyata menu barunya banyak.. Warung Mas Kribo yang terus ber inovasi… teruskan inovasinya…

Jika anda berkunjung ke Jogja tidak salahnya mencoba mie ayam dan bakso mas kribo ini… Recommended warung..

Ayam Lodho Sumber Rejeki Ngantang Malang 7 Februari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
2 comments

Ayam Lodho, merupakan makanan khas dari Tulungagung Jawa Timur. Bentuknya seperti opor ayam atau gule dengan potongan yang besar-besar, sudah agak lama saya penasaran dengan makanan ini, cuma sayang saat saya melewati rumah makan yang menyajikan ayam lodho selalu pas di bis umum jadi nggak bisa berhenti deh.

Alhamdullillah saat pulang dari Rapat Kerja di daerah Batu Malang saya nunut dari Bis yang menuju ke arah Magetan, dalam perjalanan tidak menyangka – tidak diduga. Koordinator menghentikan bis di depan Depot Rumah makan yang bernama Sumber Rejeki yang berada di daerah Ngantang Malang. (Ngantang adalah daerah pegunungan yang berada di jalur Malang Kediri lewat pujon setelah Selorejo).

Hampir semua rekan kerja saya yang di bis memesan menu Ayam Lodho, dan tidak ketinggalan pula saya pun memesan ayam lodh0 (^_^ asiik akhirnya kesampaian). Nah profil dari rumah makan ini sangat sederhana, memasaknya masih menggunakan kayu bakar (sayang saya tidak mengambil fotonya). Dan makanan yang disajikan adalah makanan khas daerah.

Setelah menunggu antrian yang lumayan banyak, akhirnya bisa diambilkan ayam lodhonya, saya meminta yang daging dan kepala ayam. Ayam Lodho diwarung ini sangat laris manis, saat saya antri saja ada yang membeli menu ini sebanyak 13 porsi dibungkus, wow..mau lihat penampakannya nih..

Mari kita coba, saya mengambil kuahnya terlebih dahulu dan wow kuahnya segar sekali bumbunya sangat mantap di lidah, untuk daging, wow empuk banget pasti dibutuhkan waktu yang agak lama untuk memasak makanan ini, bumbu nya bisa masuk ke dalam ayamnya, dagingnyapun empuk dengan aroma khas dimasak dengan kayu bakar, makanan ini sangat nikmat pokoknya saya beri predikat “JOSS ….” bahkan tulang kepalanyapun sangat mudah untuk dibuka dan dimakan otaknya.

Wow sensasi makanan daerah yang dimasak dengan tradisional untuk menyempurnakan rasa yang tak ternilai. Silahkan dicoba…

Eh dan tak lupa juga, di jalan dari pujon ke arah kediri merupakan kebun durian, dan banyak yang berjualan duriandi pinggir jalan,

Dan pak koordinator pun menghentikan juga bisnya di lapak durian, kemudian memborong durian 1 lapak untuk dihabiskan 1 bis (berisi kira2 14 orang). Harga cukup murah untuk yang bessar cukup Rp. 10.000,- dan yang kecil hanya Rp5.000,-untuk 1 lapak yang kmai beli yang berisi 25 buah, dengan harga hanya 150 ribu. Mari kita habiskan… haq..haq.. benar-benar nice trip… Terima kasih ya…

 

Bolang-Baling Populair Alun-Alun Utara Jogja 26 Januari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
1 comment so far

Bolang-baling atau biasa disebut Galundeng atau ada yang menyebutnya roti goreng, banyak dijual saat ada acara tontonan yang ada di lapangan, atau gelaran fair yang biasa di lakukan di lapangan terbuka. Untuk kali ini saya mencoba membeli Bolang-baling Populair, melihat namanya kemungkinan sudah ada nama Bolang-baling Popular sehingga menambahkan huruf “i” di belakangnya.

Bolang-baling ini saya beli pada gelaran acara pasar malam (sekaten) di Alun-alun Jogjakarta, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selain menjual bolang-baling juga menjual cakwe, lumpia, tahu goreng dan berbagai macam gorengan lainnya.

Silahkan anda bisa membeli makanan disini bisa dipakai oleh-oleh saat berkunjung ke sekaten…

 

 

 

 

 

 

 

 

Martabak Internasional Alun-Alun Utara Jogja 25 Januari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
5 comments

Martabak, sebuah makanan yang sudah sangat dikenal di Indonesia, makanan yang hampir bisa ditemukan di sepanjang jalan dikota-kota di Indonesia. Dalam kesempatan ini Istri saya mengajak saya untuk mencoba martabak kesukaannya, yang bernama martabak internasional yang bertempat di alun-alun utara jogjakarta. Ada banyak pilihan martabak di kota jogja anda bisa mencarinya di wisata kuliner  di Jogja.

Saat datang ke tempat ini, walaupun hujan rintik-rintik ternyata mengantri juga.. kayaknya enak nih banyak yang beli (asumsi yang kadang benar dan kadang salah). Disini terdapat 2 pilihan martabak: martabak telor; dan martabak manis a.k.a terang bulan;

Saya, istri dan anak saya lebih suka yang martabak telor, maka dipesanlah martabak telor biasa, tetapi agar lebih mantap, saya merubah pesanan menjadi martabak Istimewa, perbedaannya ada di banyaknya telor dan isi yang ada di dalam martabak.

Daripada nunggu lama saya dan anak saya memutuskan untuk naik kereta muter-muter alun-alun utara, anak saya senang sekali saat diajak naik kereta. Setelah naik martabak pesanan saya pun sudah jadi, mari kita coba rasanya.

Gigitan pertama martabak ini lembut, isinyapun lumayan banyak untuk ukuran istimewa, dan rasa gurih dari telor bebeknya mantap untuk dirassakan, sayang saya hanya kebagian sedikit karena harus berbagi dengan keluarga besar saya ^_^, Mantaplah pokoknya.. silhkan dicoba..

Lumpia Renyah di Jl. Solo Jogja 25 Januari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
6 comments

Berbicara tentang makanan ringan/jajanan, penganan yang cocok untuk di makan disore hari banyak sekali tempat yang berkumpulnya penjual penganan tersebut. Penulis kali ini berkesempatan untuk meliput jajanan-jajanan yang ada di seputaran jalan Solo Yogyakarta. Dimulai dari penjual di depan Toko Gardena memanjang ke arah timur banyak terdapat penjual penganan beraneka ragam.

Dari makanan-makanan yang dijual di sana yang paling ramai dikunjungi adalah Lumpia Ayam Lestari Mataram Rebung Semarang.

Penjual ini terletak di sebelah timur Toko Gardena, di depan Toko Gardena juga terdapat penjual Lumpia ini tetapi tidak seramai penjual ini. Untuk mencoba kelezatannya kami pun memesan lumpia. Untuk mendapatkan lumpia, biasanya antri dengan pembeli yang sudah datang duluan.

Setelah menunggu akhirnya datang pesanannya, mari kita coba Lumpianya…. Kriuk Gigitan pertama lumpia ini menandakan kerenyahan di kulitnya, isinya banyak yang terdiri dari rebung, wortel dan ayam (lumpia yang biasa), isinya terasa lezat yang memenuhi lumpianya, rasa khas rebung membuat lidah ini tergoda untuk makan lagi. Sayang keurangannya masih banyak minyak yang terdapat di lumpia, harus ditiriskan agak lama mengurangi minyak. Secara Keseluruhan Lumpia ini saya rekomendasikan untuk dicoba.

Seperti yang saya katakan di atas tadi ada banyak penjual penganan di jalan solo ini, beberapa penjual di samping lumpia di atas adalah penjual  onde-onde, klepon, cetil, Putu serta penjual Kue Leker

Dan ini penjual Kue Lekernya..

Godaan Bebek Goreng 19 Januari 2012

Posted by Nanang Himawan in Kuliner, Tak terkategori.
1 comment so far

Warung Tempe Penyet, banyak tersebar di seantero jawa, bahkan mungkin sudah diseluruh indonesia, menu yang biasanya ada adalah, tempe penyet, tahu penyet, telor penyet, ayam penyet, di beberapa ada yang menyediakan buruh puyuh penyet, burung dara penyet dan bebek goreng.

nah untuk yang menu terakhir rata-rata warung penyetan di Surabaya menyediakan bebel goreng.

tidak terkecuali malam hari ini sehabis hujan reda, saya keluar untuk mengisi pulsa dan mencoba warung penyetan disamping rumah dinas saya;

Awalnya saya ingin makan ayam penyet, cuma setelah bertanya harga bebek goreng kok sama (biasanya bebek lebih mahal daripada ayam), ya sudah makan bebek goreng saja.

Menu yang ada di dalamnya sederhana saya ada bebek goreng, 2 potong mentimun, kubis, kemangi dan srondeng (srondeng ini biasanya yang memasak dari madura) kebetulan juga penjual bebek gorengnya berasal dari madura;

Setelah dicoba ternyata enak mantap daging bebeknya empuk dan tidak bau, lezat deh pokoknya…. 9atau karena aku pas laper ya soalnya habis puasa belum buka hi..hi..) sambelnya juga tidak terlalu pedas dan disendiirikan jadi bisa tambah sampai sepuasnya…

silahkan dicoba warungnya tepat di pojokan sd muhammadiyah sebelah timur jalan di samping alfamart.. harganya juga murah cukup Rp 11.000,- mendapatkan paha bebek dan minuman teh panas..